Contoh RPP Program GSMS (Gerakan Seniman Masuk Sekolah) yang di Selenggarakan Oleh KEMDIKBUD

Barangkali masih bingung dalam membuat RPP yang cukup sederhana ini. RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) ini dibuat (khusus mengikuti format) ketika saya mengikuti program GSMS di atas pada tahun 2018 di bidang Seni Musik. Semoga contoh RPP ini bermanfaat bagi teman-teman seniman muda lainnya. adapun perubahan-perubahan kedepan nantinya, tetapi saya yakin tidak akan jauh-jauh dari format RPP seperti di bawah ini. 


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
GERAKAN SENIMAN MASUK SEKOLAH
2018

  

Bidang Seni                : Seni Musik Tradisional
Nama Seniman          : Badrussalam
Sekolah Tempat Yang Dituju
Untuk Pembelajaran   : SMAN 1 CIKANDE

 

Materi Seni

 

Tujuan Pembelajaran

 

Pertemuan

 

Langkah-langkah

Pengenalan Seni musik umum dan Musik Karawitan

 

 

Siswa dapat mengetahui secara umum mengenai Seni, khususnya seni Karawitan

 

 

1

A.    Apresiasi Seni

B.     Presentasi

C.     Diskusi atau tanya jawab

Pengenalan Jenis Alat Musik Karawitan  dan Organologinya serta memberi gambaran tentang Titi laras atau tangga nada.

Siswa dapat mengenal dan mengetahui jenis-jenis alat musik tradisi beserta organologinya dan mengetahui gambaran umum tentang tangga nada.

 

 

2

 

A.    Presentasi

B.     Demo alat-alat musik

C.     Diskusi

 

Titi laras atau Tangga Nada (Pรจlog)

Siswa dapat mengetahui nada atau tangga nada dasar dalam seni musik tradisional, khususnya nada (Pรจlog).

 

 

3

 

A.    Seniman mempraktikan, kemudian semua siswa mengikutinya

B.     Seniman mengetest satu persatu, kemudian dilanjutkan bersama-sama

 

 

 

 

Materi Seni

 

Tujuan Pembelajaran

 

Pertemuan

 

Langkah-langkah

Lanjutan Titi laras atau Tangga Nada Pรจlog

Siswa dapat mengetahui nada atau tangga nada dasar dalam seni musik tradisional, khususnya nada (Pรจlog)

 

4

 

A.    Seniman mempraktikan, kemudian semua siswa mengikutinya

B.     Seniman mengetest satu persatu, kemudian dilanjutkan bersama-sama

 

Titi laras atau Tangga Nada (Pรจlog, dan Pรจlog Dรจgung )

Siswa dapat mengetahui nada atau tangga nada dasar (Pรจlog dan Pรจlog Dรจgung)

 

5

A.    Seniman mempraktikan, kemudian semua siswa mengikutinya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Materi Seni

 

Tujuan Pembelajaran

 

Pertemuan

 

Langkah-langkah

Belajar 17 Pupuh Sunda

Siswa dapat mengetahui beberapa lagu dasar dalam ilmu seni Karawitan, khususnya vokal

 

6

 

A.    Seniman mempraktikan, kemudian semua siswa mengikutinya

B.     Seniman mengetest satu persatu, kemudian dilanjutkan bersama-sama

 

Belajar Tekhnik Dasar Alat Petik (Kacapi)

Siswa dapat mengetahui tekhnik tabuhan dasar pada alat musik Kacapi ini.

 

7

 

Seniman mempraktikan langsung, kemudian siswa mengikutinya

Belajar Tekhnik Dasar Alat Tiup (Suling)

Siswa dapat mengetahui tekhnik tabuhan dasar pada alat musik Suling

8

Seniman mempraktikan langsung, kemudian siswa mengikutinya sembari membaca notasi

Belajar Tekhnik Dasar Alat Tepuk (Kendang)

Dan pentas perdana.

Siswa dapat mengetahui tekhnik tabuhan dasar pada alat musik Kendang dan menampilkannya

(9)

Seniman mempraktikan langsung, kemudian siswa mengikutinya sembari membaca notasi

Belajar Tekhnik Dasar Menabuh Gamelan  Pรจlog dan Salรจndro

Siswa dapat mengetahui tekhnik tabuhan dasar seperangkat ansamble gamelan

10

A.    Seniman mempraktikan langsung satu persatu alat gamelan dengan metode dasar yaitu tekhnik tรจngkรจp.

B.     Lalu siswa mengikutinya

 

Materi Seni

 

Tujuan Pembelajaran

 

Pertemuan

 

Langkah-langkah

Belajar menabuh gamelan tahap 1

-Siswa dapat menabuh tekhnik dasar tahap 1 yang lumayan rumit dari teknik dasar.

-Siswa dapat membedakan menabuh alat satu dengan alat lainnya

 

11

Seniman mempraktikan langsung dengan menggunakan metode carukan

Belajar menabuh gamelan tahap 2

 

12

Seniman mempraktikan langsung dengan menggunakan metode kemprang

Belajar menabuh gamelan dengan lagu

Siswa dapat memainkan salah satu  lagu dalam Seni Karawitan

13

A.    Seniman menunjukan notasi atau partitur

B.     Siswa melihat notasi sembari menabuh.

 

Belajar motif Catrik dan Rajah pada Alat Petik (Kacapi)

Siswa dapat memainkan dua motif kacapi untuk memainkan sebuah lagu

14

A.    Seniman mempraktikannya, lalu di ikuti oleh siswa

Belajar lagu-lagu pada Alat Tiup (Suling)

Siswa dapat memainkan beberapa lagu Karawitan

15

A.    Seniman menulis notasi

B.     Siswa memainkan lansung sembari melihat notasi yang di tuntun oleh seniman

 

 

Materi Seni

 

Tujuan Pembelajaran

 

Pertemuan

 

Langkah-langkah

Proses garapan seni Karawitan dan Seni Musik Kontemporer

Siswa dapat membedakan teknik menabuh konvensional dan non konvensional

16

A.    Seniman mempresentasikan sebuah konsep garap

B.     Siswa boleh menambahkan ide atau konsep tersebut (diskusi)

C.     Latihan garapan bersama

 

Proses garapan seni Karawitan dan Seni Musik Kontemporer

Siswa dapat merasakan langsung proses berksenian, khususnya Seni Musik

17

A.    Seniman mengintruksikan tabuhan, kemudian siswa mempresetasikan dengan cara pandangnya sendiri

B.     Latihan garapan

 

 

 

 

 

 

Proses garapan seni Karawitan dan Seni Musik Kontemporer dan pentas ke-dua.

Siswa dapat merasakan langsung proses berksenian, khususnya Seni Musik dalam perkembangannya

(18)

Seniman dan siswa latihan bersama

 

Materi Seni

 

Tujuan Pembelajaran

 

Pertemuan

 

Langkah-langkah

Proses garapan seni Karawitan dan Seni Musik Kontemporer

Siswa dapat merasakan langsung proses berksenian, khususnya Seni Musik dalam perkembangannya

19

Seniman dan siswa latihan bersama

Proses garapan seni Karawitan dan Seni Musik Kontemporer

Siswa dapat merasakan langsung proses berksenian, khususnya Seni Musik selama perkembangan sebelumnya

20

Seniman dan siswa latihan bersama

Proses garapan seni Karawitan dan Seni Musik Kontemporer

Siswa dapat merasakan langsung  proses berksenian, khususnya Seni Musik

21

Seniman dan siswa latihan bersama

Proses garapan seni Karawitan dan Seni Musik Kontemporer

Siswa dapat merasakan langsung  proses berksenian, khususnya Seni Musik

22

A.    Seniman melihat perkembangan selama proses

B.     Latihan bersama (lebih detail)

Proses garapan seni Karawitan dan Seni Musik Kontemporer

Siswa dapat merasakan langsung proses berksenian, khususnya Seni Musik

23

Seniman dan siswa latihan secara parsial

Proses garapan seni Karawitan dan Seni Musik Kontemporer

Siswa dapat merasakan langsung  proses berksenian, khususnya Seni Musik

 

24

Seniman dan siswa latihan secara parsial

 

Materi Seni

 

Tujuan Pembelajaran

 

Pertemuan

 

Langkah-langkah

Proses pematangan garapan seni Karawitan dan Seni Musik Kontemporer

Siswa dapat merasakan langsung  peningkatan proses berksenian

25

Seniman dan siswa latihan secara komunal

Proses elaborasi garapan seni Karawitan dan Seni Musik Kontemporer

Siswa dapat berlatih secara tekun dan cermat

26

Seniman dan siswa latihan secara keseluruhan dari awal hingga akhir

Evaluasi Akhir GSMS

Siswa dan seniman dapat mengevaluasi bersama hasil proses pembelajaran selama satu bulan kurang.

(27)

A.    Seniman mempersiapkan susunan acara evaluasi akhir dan laporan selama proses GSMS

B.     Siswa menyiapkan semua kebutuhan pertunjukan

 

 

Serang, 20 Juni 2018

Menyetujui,                                                                                                      Penyusun

Kepala Sekolah SMAN 1 Cikande                                                                 Seniman

 

 

       ( Mulyadi, S.Pd )                                                                                     ( Badrussalam )
  NIP. 1968xxxxxxxxxxxxxx




----------------
*Dokumentasi saat pelaksanaan GSMS SMAN 1 Cikande Kab. Serang Banten





















Comments

Popular Posts