Contoh RPP Program GSMS (Gerakan Seniman Masuk Sekolah) yang di Selenggarakan Oleh KEMDIKBUD
Barangkali masih bingung dalam membuat RPP yang cukup sederhana ini. RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) ini dibuat (khusus mengikuti format) ketika saya mengikuti program GSMS di atas pada tahun 2018 di bidang Seni Musik. Semoga contoh RPP ini bermanfaat bagi teman-teman seniman muda lainnya. adapun perubahan-perubahan kedepan nantinya, tetapi saya yakin tidak akan jauh-jauh dari format RPP seperti di bawah ini.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
GERAKAN SENIMAN MASUK SEKOLAH
2018
Bidang Seni : Seni Musik
Tradisional
Nama Seniman : Badrussalam
Sekolah Tempat Yang Dituju
Untuk
Pembelajaran : SMAN 1 CIKANDE
Materi Seni |
Tujuan Pembelajaran |
Pertemuan |
Langkah-langkah |
Pengenalan Seni musik
umum dan Musik Karawitan |
Siswa dapat mengetahui secara umum mengenai Seni,
khususnya seni Karawitan |
1 |
A.
Apresiasi
Seni B.
Presentasi C.
Diskusi atau
tanya jawab |
Pengenalan Jenis Alat Musik Karawitan dan Organologinya
serta memberi gambaran tentang Titi laras atau tangga nada. |
Siswa dapat mengenal dan mengetahui jenis-jenis alat
musik tradisi beserta organologinya dan
mengetahui gambaran umum tentang tangga nada. |
2 |
A. Presentasi B. Demo alat-alat musik C. Diskusi |
Titi laras atau Tangga Nada (Pรจlog) |
Siswa dapat mengetahui nada atau tangga nada dasar
dalam seni musik tradisional, khususnya nada (Pรจlog). |
3 |
A. Seniman mempraktikan, kemudian semua siswa mengikutinya B. Seniman mengetest satu persatu, kemudian dilanjutkan
bersama-sama |
Materi Seni |
Tujuan Pembelajaran |
Pertemuan |
Langkah-langkah |
Lanjutan Titi laras atau Tangga Nada Pรจlog |
Siswa dapat mengetahui nada atau tangga nada dasar
dalam seni musik tradisional, khususnya nada (Pรจlog) |
4 |
A. Seniman mempraktikan, kemudian semua siswa mengikutinya B. Seniman mengetest satu persatu, kemudian dilanjutkan
bersama-sama |
Titi laras atau Tangga Nada (Pรจlog, dan Pรจlog Dรจgung ) |
Siswa dapat mengetahui nada atau tangga nada dasar (Pรจlog
dan Pรจlog Dรจgung) |
5 |
A. Seniman mempraktikan, kemudian semua siswa mengikutinya |
Materi Seni |
Tujuan Pembelajaran |
Pertemuan |
Langkah-langkah |
Belajar 17 Pupuh Sunda |
Siswa dapat mengetahui beberapa lagu dasar dalam ilmu
seni Karawitan, khususnya vokal |
6 |
A. Seniman mempraktikan, kemudian semua siswa mengikutinya B. Seniman mengetest satu persatu, kemudian dilanjutkan
bersama-sama |
Belajar Tekhnik Dasar Alat Petik (Kacapi) |
Siswa dapat mengetahui tekhnik tabuhan dasar pada alat
musik Kacapi ini. |
7 |
Seniman mempraktikan langsung, kemudian siswa mengikutinya |
Belajar Tekhnik Dasar Alat Tiup (Suling) |
Siswa dapat mengetahui tekhnik tabuhan dasar pada alat
musik Suling |
8 |
Seniman mempraktikan langsung, kemudian siswa
mengikutinya sembari membaca notasi |
Belajar Tekhnik Dasar Alat Tepuk (Kendang) Dan pentas perdana. |
Siswa dapat mengetahui tekhnik tabuhan dasar pada alat
musik Kendang dan menampilkannya |
(9) |
Seniman mempraktikan langsung, kemudian siswa
mengikutinya sembari membaca notasi |
Belajar Tekhnik Dasar Menabuh Gamelan Pรจlog dan Salรจndro |
Siswa dapat mengetahui tekhnik tabuhan dasar
seperangkat ansamble gamelan |
10 |
A.
Seniman
mempraktikan langsung satu persatu alat gamelan dengan metode dasar yaitu
tekhnik tรจngkรจp. B. Lalu siswa mengikutinya |
Materi Seni |
Tujuan Pembelajaran |
Pertemuan |
Langkah-langkah |
Belajar menabuh gamelan tahap 1 |
-Siswa dapat menabuh tekhnik dasar tahap 1 yang lumayan
rumit dari teknik dasar. -Siswa dapat membedakan menabuh alat satu dengan alat
lainnya |
11 |
Seniman mempraktikan langsung dengan menggunakan metode
carukan |
Belajar menabuh gamelan tahap 2 |
|
12 |
Seniman mempraktikan langsung dengan menggunakan metode
kemprang |
Belajar menabuh gamelan dengan lagu |
Siswa dapat memainkan salah satu lagu dalam Seni Karawitan |
13 |
A. Seniman menunjukan notasi atau partitur B. Siswa melihat notasi sembari menabuh. |
Belajar motif Catrik dan Rajah pada Alat
Petik (Kacapi) |
Siswa dapat memainkan dua motif kacapi untuk memainkan
sebuah lagu |
14 |
A.
Seniman
mempraktikannya, lalu di ikuti oleh siswa |
Belajar lagu-lagu pada Alat Tiup (Suling) |
Siswa dapat memainkan beberapa lagu Karawitan |
15 |
A. Seniman menulis notasi B. Siswa memainkan lansung sembari melihat notasi yang di
tuntun oleh seniman |
Materi Seni |
Tujuan Pembelajaran |
Pertemuan |
Langkah-langkah |
Proses garapan seni Karawitan dan Seni Musik
Kontemporer |
Siswa dapat membedakan teknik menabuh konvensional dan
non konvensional |
16 |
A. Seniman mempresentasikan sebuah konsep garap B. Siswa boleh menambahkan ide atau konsep tersebut
(diskusi) C. Latihan garapan bersama |
Proses garapan seni Karawitan dan Seni Musik
Kontemporer |
Siswa dapat merasakan langsung proses berksenian,
khususnya Seni Musik |
17 |
A. Seniman mengintruksikan tabuhan, kemudian siswa
mempresetasikan dengan cara pandangnya sendiri B. Latihan garapan |
Proses garapan seni Karawitan dan Seni Musik
Kontemporer dan pentas ke-dua. |
Siswa dapat merasakan langsung proses berksenian,
khususnya Seni Musik dalam perkembangannya |
(18) |
Seniman dan siswa latihan bersama |
Materi Seni |
Tujuan Pembelajaran |
Pertemuan |
Langkah-langkah |
Proses garapan seni Karawitan dan Seni Musik
Kontemporer |
Siswa dapat merasakan langsung proses berksenian,
khususnya Seni Musik dalam perkembangannya |
19 |
Seniman dan siswa latihan bersama |
Proses garapan seni Karawitan dan Seni Musik
Kontemporer |
Siswa dapat merasakan langsung proses berksenian,
khususnya Seni Musik selama perkembangan sebelumnya |
20 |
Seniman dan siswa latihan bersama |
Proses garapan seni Karawitan dan Seni Musik
Kontemporer |
Siswa dapat merasakan langsung proses berksenian, khususnya Seni Musik |
21 |
Seniman dan siswa latihan bersama |
Proses garapan seni Karawitan dan Seni Musik
Kontemporer |
Siswa dapat merasakan langsung proses berksenian, khususnya Seni Musik |
22 |
A. Seniman melihat perkembangan selama proses B. Latihan bersama (lebih detail) |
Proses garapan seni Karawitan dan Seni Musik
Kontemporer |
Siswa dapat merasakan langsung proses berksenian,
khususnya Seni Musik |
23 |
Seniman dan siswa latihan secara parsial |
Proses garapan seni Karawitan dan Seni Musik
Kontemporer |
Siswa dapat merasakan langsung proses berksenian, khususnya Seni Musik |
24 |
Seniman dan siswa latihan secara parsial |
Materi Seni |
Tujuan Pembelajaran |
Pertemuan |
Langkah-langkah |
Proses pematangan garapan seni Karawitan dan Seni Musik
Kontemporer |
Siswa dapat merasakan langsung peningkatan proses berksenian |
25 |
Seniman dan siswa latihan secara komunal |
Proses elaborasi garapan seni Karawitan dan Seni Musik
Kontemporer |
Siswa dapat berlatih secara tekun dan cermat |
26 |
Seniman dan siswa latihan secara keseluruhan dari awal hingga akhir |
Evaluasi
Akhir GSMS |
Siswa dan seniman dapat mengevaluasi bersama hasil proses
pembelajaran selama satu bulan kurang. |
(27) |
A. Seniman mempersiapkan susunan acara evaluasi akhir dan
laporan selama proses GSMS B. Siswa menyiapkan semua kebutuhan pertunjukan |
Serang, 20 Juni 2018
Menyetujui, Penyusun
Kepala
Sekolah SMAN 1 Cikande Seniman
Comments
Post a Comment